Manfaat, Efek, Mitos, Pantangan dan Tips Mandi Malam Hari

13:27:00

Salam hangat Anak Kost! Pasti kamu pernah mandi di malam hari karena pekerjaan di kantor menumpuk yang memaksa kamu untuk pulang malam atau karena tugas kuliah yang banyak sehingga kamu tinggal lebih lama di kampus sampai malam hari. Sampai di kost badan terasa tidak segar lagi, rasanya ingin mandi supaya lebih segar dan semangat terkumpul lagi. Nah, berikut ini beberapa Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!, termasuk juga efek dan bahaya yang di timbulkan jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu yang lama. Yuk, simak terus tips berikut ini.

Manfaat Mandi Malam

Mandi malam hari juga memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh kita. Tetapi, perlu diperhatikan beberapa pantangan yang perlu diketahui dari Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja berikut ini.

1. Memberikan Kesegaran

Walau tidak punya waktu untuk mandi tepat waktu, tidak perlu risau untuk melakukan mandi pada malam hari. Karena ternyata mandi malam hari juga dapat memberikan kesegaran yang lebih pada tubuh kita. Setelah beraktifitas otot tegang dan seluruh badan terasa lengket, memberikan efek malas pada tubuh kita karena kurangnya stimulasi semangat. Dengan mandi hal itu bisa dihilangkan dengan segera dan mengembalikan semangat yang hilang selama beraktifitas tadi.
Kesegaran - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Kesegaran - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Pantangan untuk mandi malam hari hanya gunakanlah air hangat untuk mandi, karena hanya air hangat yang bersahabat dengan suhu tubuh setelah beraktifitas. Selain itu dengan air hangat tidak membuat tubuh kita terkejut sehingga membuat kita masuk angin.

2. Ketenangan

Ketenangan - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Ketenangan - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Setelah beraktifitas seharian menyelesaikan banyak pekerjaan dan tugas membuat pikiran dan tubuh kurang bersemangat untuk melakukan aktifitas selanjutnya. Selain itu juga membuat emosional kita tidak stabil atau lebih tempramen. Dengan mandi air hangat dapat memberikan ketenangan pada tubuh dan pikiran, karena air hangat yang mengaliri tubuh memberikan relaksasi.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Menurunkan Tekanan Darah - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Kamu memiliki riwayat dengan tekanan darah tinggi dari keluarga? Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis! yang satu ini tepat sekali untuk kamu. Karena dengan mandi dengan air hangat ini menstimulasi jantung untuk lebih tenang. Suhu air hangat yang sesuai dengan suhu tubuh inilah yang berperan menurunkan efek stress jantung dan pikiran.

4. Menghangatkan Tubuh

Menghangatkan Tubuh - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Menghangatkan Tubuh - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Aktifitas seharian yang membutuhkan perjalanan jauh dari tempat kost membuat tubuh kita diterpa dengan udara dingin malam. Ditambah lagi dengan curah hujan di Indonesia yang tinggi menambah udara dingin yang menusuk sampai ke tulang. Sesampainya di kost sebaiknya mandi air hangat untuk mengembalikan kehangatan tubuh supaya tubuh menjadi tidak kedinginan atau bahkan memberikan efek demam.

5. Terhindar Dari Penyakit Kulit

Terhindar Penyakit Kulit - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Terhindar Penyakit Kulit - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Aktifitas seharian memaksa tubuh kita bersentuhan dengan berbagai objek yang banyak mengandung jamur, kuman, bakteri penyebab penyakit kulit. Kotoran yang menempel pada tubuh kita menjadi tempat tinggal yang baik untuk kuman, jamur dan bakteri yang menyebabkan kita merasa gatal-gatal atau malah lebih parah. Oleh karena itu, disarankan untuk mandi dua kali sehari, pagi hari dan malam hari. Dengan mandi air hangat membuat kotoran yang menempel pada tubuh lepas. Dengan mandi juga menghilangkan kuman, jamur dan bakteri yang tinggal di kotoran yang menempel pada tubuh.

Efek Mandi Malam

Efek - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Efek - Mandi Malam -Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Ada beberapa atau sebagian masyarakat berpendapat mandi malam hari itu tidak baik untuk kesehatan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Alasan dan mitos yang berkembang di masyarakatpun tidak sedikit. Hal tersebut dibantah sebagian dokter. Mereka justru menyarankan untuk mandi setelah jam menunjukkan 19.00 atau lebih, karena akan menyehatkan tubuh. Tentu hal itu pasti ada pantangannya, yaitu gunakanlah air hangat pada saat mandi malam hari. Apabila tidak menggunakan air hangat pada saat mandi malam hari dan dilakukan dalam waktu yang lama akan menyebabkan gangguna pada tubuh seperti.

1. Rematik

Penyakit atau gangguan ini adalah mitos atau pendapat yang merebak di dalam masyarakat kita saat ini. Itu adalah salah satu alasan kuat mengapa keluarga kita terutama ibu kita melarang kita untuk mandi terlalu malam. Karena mereka tahu bahwa mandi malam hari itu memberikan efek tidak baik untuk tubuh yaitu penyakit rematik ini. Tapi perlu dijelaskan dan diluruskan bahwa jenis rematik ini tergantung dari penyebab terjadinya rematik.
Rematik - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Rematik - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Rematik sendiri terjadi karena adanya indikasi peradangan pada tulang sendi. Peradangan pada tulang sendi ini pun dipengaruhi oleh berbagai faktor mulai dari kekurangan hormon estrogen, faktor genetik, osteoporosis, sampai kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Jadi, jika mandi malam menyebabkan sakit pada persendian itu adalah karena sakit itu disebabkan oleh faktor tersebut dan penyakit sudah ada sebelum melakukan mandi malam. Sakit pada tulang persendian ini berkaitan dengan hawa dingin yang menyebabkan menyempitnya pembuluh darah, sehingga suplai oksigen menuju tulang sendi terganggu sehingga menyebabkan nyeri. Nah, jadi lebih tahu, tahu lebih kan. Kenapa masih takut mandi malam? Asalkan sesuai aturan dan tahu kondisi tubuh hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi.

2. Paru-paru Basah

Selain rematik keluarga kita pasti juga tahu bahwa mandi malam juga bisa berakibat pada paru-paru basah. Paru-paru basah sendiri adalah istilah dari dokter atau petugas medis yang menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi dengan cairan paru-paru. Hal ini terjadi karena terjadinya peradangan pada paru-paru. Jadi cairan yang mengisi paru-paru adalah cairan peradangan.
Paru-paru Basah - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Paru-paru Basah - Mandi Malam - Tips Mandi Malam Buat Mahasiswa Jogja - Tanpa Mistis!
Penyebab terjadinya cariran itu juga bermacam-macam :
1. Infeksi (TB Paru, Pneunomia, dll)
2. Tumor Paru (bisa berasal dari paru-paru sendiri atau dari penjalaran dari organ tubuh lain)
3. Trauma (pernah mengalami hantaman keras pada rongga dada sehingga menyebabkan peradangan)
Jadi mandi malam hari dengan paru-paru basah tidak memiliki hubungan sebab akibat secara langsung. Akan tetapi mitos yang merebak di kalangan masyarakat terlanjut sudah dipercaya bahwa paru-paru basah disebabkan oleh mandi malam hari, mengendarai sepeda motor pada malam hari, dan juga dikaitkan dengan penggunaan kipas angin secara terus menerus.
Harap di catat dan di ingat ! Penyakit tersebut terjadi karena adanya benang merah sebab akibat. Namun, Fakta yang ada di sebagian wilayah Indonesia adalah pada malam hari suhu air yang ada di dalam tanah menurun drastis. Sehingga menyebabkan air yang kita konsumsi dan kita gunakan untuk mandi menjadi dingin. Berdasarkan penelitian tersebut bahwa mandi malam dengan air dingin dapat menyebabkan penyakit Rematik dan Paru-paru basah.
Nah, sekarang pasti sudah paham dan tahu lebih. Begitu tips dari kami supaya bermanfaat untuk kamu yang sering melakukan kebiasaan mandi malam.

Disarikan dari berbagai sumber.
  1. http://www.detiksehat.com/2014/08/manfaat-mandi-malam-bagi-kesehatan-tubuh.html
  2. http://informaside.blogspot.com/2015/02/mandi-malam-manfaat-efek-dan-bahaya-yang-timbul.html
Sumber gambar : 
  1. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj64rsfvtA0L0OZTaNAT-E8n9iSC4Okl_tTWT4jTVlhGH_RXIzYvbCPTx2ZRgftNHAApNducyVV2TcWgKlOr_bpxLUvpd3P6Dbblm37r9rhgZSqItBxBCXRaiGsTWlXwG6hVR1Otdnl87A/s1600/mandi+air+hangat+-+Tips+Mengurangi+Efek+Begadang+Bagi+Tubuh+Kita+-+healthisours.jpg
  2. http://www.tipsbermanfaat.com/wp-content/uploads/mandi-malam.jpg
  3. http://sidomi.com/wp-content/uploads/2013/09/hipertensi-640x354.jpg
  4. https://menjagakesehatandimulaidaridalamdirisendiri.files.wordpress.com/2015/01/memakai-kaos-kaki-untuk-menghangatkan-tubuh-dan-mencegah-flu.jpg
  5. http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/802925/big/026917200_1422518508-itching.jpg
  6. http://aritunsa.com/wp-content/uploads/2014/05/Mandi-Malam-Bikin-Rematik.jpg
  7. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9yOlGe3JrgHtOyVdI5zonFLBp7N6vG2fZJclowgq8SsaoVYpwujMTtBjuiuIVEDgaT4ZdjtfPiwj5qC15FuaZLEM-t9m_H-fe5lCUnCWuo8ZvAjdKq8SRaqXoFa4oDUXNSIJ73ItAcPI/s1600/sakit+rematik+mandi+malam.PNG
  8. http://penyakitparuparu.com/wp-content/uploads/2016/01/Gejala-Penyakit-Paru-Paru-Basah.jpg

You Might Also Like

0 komentar

Resource