Mahasiswa Yang Ideal

10:02:00


Mahasiswa tersusun dari kata Maha dan siswa. Dimana Maha memiliki arti yang tertinggi, istimewa, bertanggungjawab, memiliki karakter, keahlian dan lain sebagainya. Dan siswa adalah pelajar, murid yang sedang menempuh pendidikan dan yang sedang menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Maka dari itu, menurut saya Mahasiswa adalah seorang murid atau pelajar yang memiliki tanggungjawab, keahlian, karakter, akhlak, pola pikir yang baik, dan pandangan kedepan yang terarah dan terstruktur.
Mahasiswa yang ideal menurut saya adalah mahasiswa yang mengikuti setiap mata kuliah yang diambilnya dengan bertanggungjawab. Bertanggungjawab berarti mengikuti dengan seksama dimana memahami dan menanamkan apa yang diberikan setiap dosen kepadanya. Berpikir positif dan memiliki pola pikir kedepan yang baik dengan berlatih dengan rajin kemudian mengimplementasikannya di kehidupan sehari-harinya, sehingga dapat membantu sesama dan lingkungannya. Untuk itu, mahasiswa harus dapat mempertanggungjawabkan ilmu yang didapatnya di Kampus, bukan hanya untuk membanggakan orangtua yang telah membiayainya tetapi juga guna memberikan perubahan bagi negara dan lingkungan ia tinggal.
Mahasiswa yang ideal menurut saya adalah dimana mahasiswa memiliki sopan santun dalam bertindak, berpikir dan bertutur kata. Sopan santun dalam bertindak adalah menjunjung tinggi nama baik kampus baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus, menghormati civitas yang ada di lingkungan kampus, menerapkan ilmu berbudi luhur yang di dapat di kelas dalam lingkungan sehari-hari, menghindari penyelesaian masalah menggunakan kekerasan, menghindari obat-obatan terlarang dan lain sebagainya yang dapat merusak citra kampus di mata publik. Sopan santun dalam berpikir adalah menghasilkan, menciptakan dan melengkapi pemikiran yang dapat menunjang pendidikan mahasiswa tersebut tanpa menjiplak karya orang lain. Sopan santun dalam bertutur kata adalah mengucapkan hal-hal yang sepantasnya tidak berlebihan dan tidak menimbulkan ketersinggungan terhadap orang lain, melainkan dapat mengucapkan hal-hal yang dapat menambah pemikiran mengenai hal-hal yang baru ataupun melengkapi karya orang lain sehingga menjadi lebih bermanfaat bagi sesama.
Mahasiswa yang ideal menurut saya adalah walaupun salah mengambil jurusan tetapi tetap berusaha untuk memahami dan bertanggungjawab dengan apa yang menjadi pilihannya sejak awal. Dalam hal ini, mahasiswa tetap bersemangat dalam mengikuti kuliah dengan baik tanpa harus khawatir belum dapat mengerti apa keahliannya. Keahlian tersebut tentu dapat diusahakan dengan berbagi dengan teman dan dosen, berlatih melalui forum-forum, mengajukan pertanyaan jika dirasa kurang mengerti kepada dosen, berkonsultasi kepada dosen yang dianggap mampu memberikan solusi yang baik dan yang pasti tetap berlatih walaupun belum memahami, itulah mahasiswa yang bertanggungjawab.
Mahasiswa yang ideal menurut saya adalah mahasiswa yang memiliki karakter. Memiliki karakter berarti memiliki kepribadian yang dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa itu dalam bersosialisasi, mengutarakan pendapatnya, berpikir mengenai masa depan, dan mengkritik suatu gagasan seseorang dengan tidak menyinggung perasaan orang lain. Berkarakter adalah mahasiswa yang mampu mengendalikan setiap keahliannya dengan satu tujuan adalah untuk kesejahteraan semua umat manusia, bukan untuk merugikan orang lain. Yang mampu memberikan contoh kepada orang lain bahwa apa yang dilakukannya dapat membuat sebuah perubahan yang baik.
Mahasiswa yang ideal menurut saya adalah yang tidak lupa dengan janji kepada orantuanya ketika dulu berpamitan pertama kali berangkat kuliah. Yang tidak hanya main-main dengan kepercayaan orangtua, menghabiskan waktu orangtua, menghabiskan umur orangtua, dan tidak main-main dengan restu orangtua. Bagi saya mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang menghormati orangtuanya yang telah berusaha mengumpulkan receh disetiap waktunya untuk menyekolahkan mereka.

“Bagi saya, mahasiswa tidak hanya ideal tetapi harus dapat menjadi dewasa”

Penulis,
Widya Ispurdianto

You Might Also Like

0 komentar

Resource